Saling bahu-membahu mewujudkan desa adat yang inovatif, kreatif tanpa batas dengan seni dan budaya yang ada di Bali.
Catatan Desa Adat Semate dalam sejarah Pulau Dewata.

LPD, Lembaga Perkreditan Desa

Sosialisasi Perda Bali
Tentang Perubahan TKS Analisa Keuangan LPD
Desember 2013, Di Hotel Made Sempidi
LPD Desa Adat Semate merupakan penyediaan jasa keuangan yang bersifat sosial kemasyarakatan, dari dan untuk masyarakat kembali, LPD ini juga dibentuk sebagai bagian atau unit dari desa adat di Bali yang berfungsi untuk menyimpan dana dan menyalurkan kredit maupun pinjaman kepada masyarakat yang disesuaikan dengan ketentuan dan peraturan daerah tingkat I Bali;
Dimana tujuan dari seluruh sisa hasil usaha yang didapat akan dikembalikan lagi ke pendapatan desa untuk dapat digunakan oleh desa adat setempat dalam rangka membantu perbaikan - perbaikan fasilitas umum yang dimilki.
Dalam struktur organisasi dalam Desa Adat Semate, LPD Desa Adat ini adalah salah satu bagian dari sekaa dimana Ketua LPD sebagai penanggung jawab operasional dan bendesa adat sebagai pengawas utama.

Keberadaan LPD Desa Adat Semate yang awal mulai berdirinya pada tanggal 21 Nopember 2001dengan modal awal dari Pemda Tk I Bali sebesar : Rp. 6.600.000,-.dan sampai saat ini, kami tetap berkomitmen menjalankan LPD ini sesuai dengan fungsi dan tujuan didirikan LPD seperti yang dimaksud diatas.

Dan sampai akhir bulan desember 2012, dalam laporan keuangan publikasi kami, kami telah mengelola aset sebesar : Rp. 2.180.500.000,-

Untuk Lokasi LPD kami tepatnya berada di seberang jalan barat kahyangan pura desa puseh (sebelah selatan bale banjar desa adat semate yang lama).
Selama ini peranan LPD di desa adat kami sangat cukup membantu perekonomian sehingga dengan keberadaan LPD Desa Adat kami ini, masyarakat senantiasa dapat menyimpan dana dan memanfaatkan fasilitas kredit atau pinjaman yang tersedia untuk dapat digunakan dalam rangka menambah modal kerja, investasi maupun kredit konsumsi lainnya.
System transaksi dan laporan keuangan ini
juga didukung oleh
Pengelolaan dan manajemen di LPD Desa Adat Semate selalu berdasarkan atas ketentuan dan peraturan Daerah Tk I Bali yang telah ditetapkan dan juga manajemen keuangan, prosedur kerja serta hal - hal lain yang menyangkut operasional usaha tetap mengacu pada standarisasi keuangan perbankan baik yang menyangkut anaisa finansial, risk maupun tingkat kesehatan.

Dalam hal tanggung jawab dan yang menjamin keberadaan LPD Desa Adat Semate ini adalah sepenuhnya oleh krama desa Adat Semate dimana paruman desa adat dan awig - awig desa merupakan bagian teratas dalam suatu organisasi unit kerja yang memberikan kewenangan kepada Bendesa Adat sebagai badan pengawas utama dan dibantu oleh badan pengawas lain yang ditunjuk.

Sedangkan seluruh operasional di LPD oleh paruman desa adat diserahkan kepada Ketua LPD sebagai tanggung jawab utama dalam pengelolaannya.

Seluruh hasil tanggung jawab tersebut, baik dari pengawasan dan pengelolaan dipertanggungjawabkan kembali ke paruman desa adat sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam rapat tahunan LPD.

Adapun nama pengurus baik pengawas dan pengelola di LPD Desa Adat Semate dijabarkan sebagai berikut :
Pengawas Utama :
Badan Pengawas :
Pengelola Operasional :
  • Ketua LPD : Drs. I Nyoman Swendri.
  • Kasir / Bendahara : Drs. I Ketut Surnawan.
  • Operasional : I Made Sudiarta.
  • Admin / Bagian Dana : Nyonya Ketut Muliawan.
  • Admin / Bagian Kredit : I Putu Sudi Adnyana.
Dengan adanya penjabaran tersebut diatas baik dalam tanggung jawab dan pengelolaan yang senantiasa disesuikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan kami seluruh krama adat juga berharap dari keberadaan LPD ini,

seluruhnya menjadi transparan,
tumbuh dan berkembang
baik dari pihak LPD Desa Adat Semate sendiri maupun seluruh masyarakat dan nasabah lain
yang memanfaatkan jasa kami.

Demikian parindikan keberadaan LPD Desa Adat Semate, "dari dan untuk masyarakat".

Aktivitas & Rekreasi Lainnya
Arung Jeram bagi Pemula | Belajar Naik Motor ATV bagi anak-anak
Halaman Web Desa Adat Semate, Berbagi Informasi ® Bali 2017. Explore Its Sacred Vibration